Posisi dan Gaji Karyawan Indomaret

4 Likes comments off

Bekerja di perusahaan retail bukanlah hal mudah. Harus jadi orang yang sabar dan tenang karena menghadapi berbagai macam karakter orang. Seperti halnya jadi pegawai Indomart, tidak heran jika gaji karyawan Indomaret juga besar, selain tuntutan, jam masuknya juga sangat banyak dan padat.

Besaran Gaji Karyawan Indomaret Sesuai Posisinya

Perlu diketahui kalau karyawan Indomart itu tidak hanya kasir saja, melainkan ada bagian atau divisi lain. Mereka punya besaran gaji berbeda-beda, jadi tidak bisa disamaratakan.  Tugasnya juga tidak sama, nah bagi Anda yang ingin melamar disana cobalah simak penjelasan singkat dibawah ini.

  •  Bagian Kasir

Di bagian paling sentral dan sering ditemui adalah kasir. Pada posisi ini biasanya akan mendapatkan upah minimum sebesar UMR daerah tersebut. Jika Anda tinggal di kota besar kemungkinan bisa sampai Rp 4.000.000 belum dengan bonus insentif dan berbagai reward dari perusahaan.

Apalagi Indomaret merupakan salah satu perusahaan retail yang sering memberikan karyawannya reward berupa penghargaan atas pencapaian mereka.  Misalnya penjualan produk tertentu melebihi taget harian, berhasil jadi toko percontohan, serta event penting lain yang pastinya seru.

  • Bagian Asisten Kepala Toko

Posisi selajutnya adalah asisten kepala toko. Bagian ini bisa dikatakan memerlukan fokus serta fisik yang sehat dan kuat. Pasalnya setiap harinya bahkan saat libur sekalipun harus tetap bertanggung jawab dengan toko. Kehilangan barang atau ada komplain fatal akibatnya bagi performa kelayakan toko.

Oleh sebabg itu Indomaret memberikan upah minimum asisten kepala toko sedikit lebih besar daripada kasir. Biasanya setiap bulannya akan mendapatkan Rrp 4.300.000 bila di kota-kota besar. Namun jumlah tersebut belum sepenuhnya, ada tambahan seperti bonus dari atasan langsung bila kinerjanya bagus.

  • Bagian Pramuniaga

Saat masa trainee setiap kandidat pastinya akan tetap dibekali dengan pengetahuan dasar mengenai kasir. Namun ada sebagian juga yang masuk ke toko dan mendapatkan posisi sebagai pramuniaga. Untuk satu bulannya setiap orang akan mendapatkan upah minimu Rp 2.700. 000.

Tugas dari pramuniaga biasanya bertanggung jawab atas kebersihan rak-rak produk, kemudian display ketika ada barang datang. Biasanya bagian ini akan selalu ada pada toko-toko yang ramai atau buka 24 jam. Dengan begini kasir tetap bisa melayani pengunjung tanpa harus terburu-buru display barang.

  • Bagian Area Supervisor

Kemudian ada juga area supervisor yang setiap hari biasanya akan mobile ke berbagai cabang toko bawahannya. Mereka akan dibekali dengan satu unit mobil dinas dan uang bensin, dengan fasilitas tersebut pekerjaan dari area supervisor lebih mudah dan berjalan dengan lancar.

Dalam satu bulan biasanya area supervisor akan mendapatkan upah minimum sebesar Rp 5.250.000. Jumlah tersebut belum ditambah dengan uang bensing dan berbagai tunjangan lainnya guna mempermudah mobilitas dari mereka untuk menjangkau cabang yang jadi tanggung jawabnya.

  • Bagian Head Store

Selanjutnya ada bagian kepala toko atau head store. Dalam perusahaan bidang retail posisi satu ini memegang peranan penting dan vital. Semua urusan toko akan menjadi tanggung jawabnya, tidak heran jika pemilihan kandidatnya juga tidak main-main. Melalui proses seleksi panjang dan memakan waktu.

Dengan semua tekanan tersebut biasanya head store akan mendapatkan upah minimum sebesar Rp 6.000.000. Namun jumlah tersebut bisa saja berbeda, tergantung UMR atau kebijakan pada daerah masing-masing. Setiap head store nantinya juga akan dapat berbagai macam fasilitas seperti spv.

  • Bagian Merchenrdaizer

Posisi satu ini biasa ada di office atau kantor. Namun tidak jarang juga keliling toko. Kesehariannya adalah menyiapkan banyak barang untuk perlengkapan promosi dan semacamnya untuk dibagikan ke toko daerah tersebut. Untuk satu bulan upah minimum yang diberikan adalh Rp 4.000.000

Namun jumlah tersebut masih bisa bertambah lagi bahkan sampai dua kali lipat. Seorang yang bekerja di posisi ini akan sering mendapatkan jatah lembur, karena bagaimanapun Indomaret memang salah satu perusahaan retail yang sering mengeluarkan promo baik dari hari sampai minggu, juga hari-hari besar.

  • Bagian Junior Staff

Selain itu biasanya karyawan toko juga bisa masuk ke bagian office atau kantor. Setiap tahunnya ada perekrutan, jadi jika memang sudah memenuhi kualifikasi karyawan toko juga bisa ikut dengan menyertakan kelengkapan tersebut.

Sekarang ini upah minimum untuk bagian junior staff adalah Rp 5.300.000. Jumlah ini bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan dan UMR daerah masing-masing. Jadi tidak perlu membandingkan satu sama lainnya karena tidak ada gunanya.

Untuk bisa lolos dan masuk jadi junior staff bukanlah hal mudah. Apalagi untuk perusahaan retail besar sekelas Indomaret. Tentu saja butuh kredibilitas dan loyalitas tinggi dari para pegawainya, hal tersebut berguna untuk menjaga kualitas dan pelayanan kepada customer tetap memuaskan.

You might like