Daftar Gaji Pramugara di Indonesia Tahun 2024

Gaji Pramugara – Menjadi pramugara adalah salah satu profesi yang banyak diminati di Indonesia. Selain karena kesempatan untuk berkeliling dunia, gaji yang diterima juga cukup menggiurkan.

Mari kitamembahas detail mengenai gaji pramugara di berbagai maskapai penerbangan di Indonesia pada tahun 2024. Informasi ini diharapkan dapat menjadi referensi yang berguna bagi siapa saja yang tertarik untuk mengejar karir sebagai pramugara.

Gaji Pramugara di Berbagai Maskapai Penerbangan

Gaji pramugara bervariasi tergantung pada maskapai tempat mereka bekerja. Setiap maskapai memiliki standar gaji yang berbeda, disesuaikan dengan kebijakan internal dan faktor-faktor lain seperti pengalaman dan lama bekerja. Berikut adalah rincian gaji pramugara di beberapa maskapai penerbangan ternama di Indonesia.

Citilink

Citilink, sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia, menawarkan paket gaji yang kompetitif untuk para pramugaranya. Pramugara junior di Citilink dapat memperoleh gaji pokok yang cukup menarik, ditambah dengan berbagai tunjangan.

  • Pramugara Junior: Rp8.000.000 – Rp10.000.000
  • Pramugara Senior: Rp12.000.000 – Rp15.000.000

Maskapai ini juga memberikan berbagai tunjangan dan bonus, termasuk tunjangan terbang, tunjangan makan, dan bonus kinerja yang membuat total penghasilan pramugara lebih besar.

Lion Air

Lion Air adalah salah satu maskapai terbesar di Indonesia dan dikenal dengan rute penerbangannya yang luas. Gaji pramugara di Lion Air cukup kompetitif, terutama bagi mereka yang sudah berpengalaman.

  • Pramugara Junior: Rp7.000.000 – Rp9.000.000
  • Pramugara Senior: Rp11.000.000 – Rp14.000.000

Selain gaji pokok, pramugara Lion Air juga mendapatkan tunjangan terbang, tunjangan makan, serta bonus bulanan berdasarkan jumlah jam terbang.

Garuda Indonesia

Sebagai maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia menawarkan gaji yang sangat menarik untuk pramugaranya. Garuda dikenal memiliki standar pelayanan yang tinggi dan ini tercermin dalam paket gaji yang diberikan.

  • Pramugara Junior: Rp10.000.000 – Rp12.000.000
  • Pramugara Senior: Rp15.000.000 – Rp18.000.000

Tunjangan yang diberikan Garuda Indonesia mencakup tunjangan kesehatan, tunjangan terbang, tunjangan keluarga, serta berbagai insentif lain yang membuat profesi pramugara di Garuda sangat diminati.

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air juga menawarkan paket gaji yang menarik bagi pramugaranya. Maskapai ini memberikan perhatian khusus pada kesejahteraan karyawan, termasuk pramugara.

  • Pramugara Junior: Rp6.000.000 – Rp8.000.000
  • Pramugara Senior: Rp9.000.000 – Rp11.000.000

Tunjangan yang diterima pramugara Sriwijaya Air meliputi tunjangan terbang, tunjangan makan, dan tunjangan kesehatan, yang menambah total penghasilan bulanan mereka.

Batik Air

Batik Air, sebagai bagian dari Lion Air Group, juga menawarkan gaji yang kompetitif bagi pramugaranya. Maskapai ini dikenal dengan pelayanan premium yang diberikan kepada penumpangnya.

  • Pramugara Junior: Rp7.500.000 – Rp9.500.000
  • Pramugara Senior: Rp10.000.000 – Rp13.000.000

Batik Air memberikan tunjangan terbang, tunjangan makan, serta bonus berdasarkan kinerja yang membuat total penghasilan pramugara cukup besar.

Daftar Gaji Polisi 2024 Berdasarkan Pangkat

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Pramugara

Gaji pramugara tidak hanya ditentukan oleh maskapai tempat mereka bekerja. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi besaran gaji yang diterima, antara lain:

Pengalaman Kerja

Semakin lama pengalaman kerja seorang pramugara, semakin besar gaji yang akan diterimanya. Pramugara dengan pengalaman lebih dari lima tahun biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang baru memulai karir.

Jam Terbang

Jumlah jam terbang juga mempengaruhi besaran gaji. Pramugara dengan jam terbang yang tinggi biasanya mendapatkan tunjangan lebih besar, yang berpengaruh pada total penghasilan bulanan.

Lokasi Penerbangan

Rute penerbangan juga memainkan peran penting dalam menentukan gaji pramugara. Penerbangan internasional biasanya menawarkan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penerbangan domestik.

Kebijakan Maskapai

Setiap maskapai memiliki kebijakan sendiri terkait gaji dan tunjangan. Beberapa maskapai memberikan bonus tambahan berdasarkan kinerja atau capaian tertentu, yang membuat total gaji lebih bervariasi.

Tunjangan dan Fasilitas Lainnya

Selain gaji pokok, pramugara juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas tambahan yang menambah total penghasilan mereka. Berikut adalah beberapa tunjangan yang biasanya diterima oleh pramugara.

Tunjangan Terbang

Tunjangan ini diberikan berdasarkan jumlah jam terbang yang ditempuh oleh pramugara. Semakin banyak jam terbang, semakin besar tunjangan yang diterima.

Tunjangan Makan

Pramugara juga mendapatkan tunjangan makan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama berada dalam penerbangan. Tunjangan ini biasanya diberikan dalam bentuk uang.

Tunjangan Kesehatan

Sebagian besar maskapai penerbangan memberikan tunjangan kesehatan bagi pramugaranya. Tunjangan ini mencakup asuransi kesehatan yang melindungi pramugara dari berbagai risiko kesehatan.

Tunjangan Keluarga

Beberapa maskapai juga memberikan tunjangan keluarga yang mencakup istri/suami dan anak. Tunjangan ini dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga pramugara.

Bonus Kinerja

Bonus kinerja diberikan berdasarkan pencapaian tertentu yang dicapai oleh pramugara. Bonus ini dapat berupa uang atau insentif lainnya yang menambah total penghasilan bulanan.

Gaji Bank Mayora, Cara Melamar, Spesifikasi dan Syaratnya

Kesimpulan

Profesi sebagai pramugara menawarkan gaji dan tunjangan yang menarik, membuatnya menjadi salah satu karir yang banyak diminati di Indonesia.

Dengan kenaikan gaji dan berbagai tunjangan yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan, pramugara dapat menikmati kesejahteraan yang lebih baik. Informasi mengenai gaji pramugara di berbagai maskapai ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas bagi mereka yang tertarik untuk mengejar karir di dunia penerbangan.

Referensi: