7 Tips Mudah agar Lolos Wawancara Kerja di Bank

12 Likes comments off
Wawancara Kerja di Bank

Bekerja di Instansi Bank apalagi pemerintahan sepertinya merupakan impian kebanyakan orang saat ini. Salah satu tahapan harus Anda lalui adalah wawancara kerja di Bank. Pada tahap ini biasanya akan bertemu langsung dengan penguji yang akan melontarkan berbagai macam pertanyaan.

Tips Lolos dari Wawancara Kerja di Bank

Agar bisa lolos wawancara kerja di Bank sebenarnya Anda juga membutuhkan sebuah strategi. Tidak hanya kualitas akademiknya saja, melainkan ada banyak hal harus dipersiapkan demi bisa bersaing dengan pelamar lainnya. Simak tips dibawah ini dan terapkan dalam diri sendiri.

Wawancara Kerja Di Bank

  • Ceritakan Diri Sendiri Dengan Antusias

Kebanyakan orang menjawab kurang tepat saat disuruh untuk menceritakan dirinya sendiri. Mereka justru sedang membacakan CV nya. Jawaban ini kurang pas dan tidak akan menarik perhatian dari penguji. Yang diinginkan adalah sebuah pengakuan berbeda sehingga membuat suasana menyenangkan.

Tidak usah menceritakan segala sesuatunya yang sudah Anda tuliskan di CV, penguji bisa membacanya sendiri. Lebih baik fokus menceritakan hal-hal menarik seperti hobi atau kesukaan, pencapaian serta aspek lain yang bisa membuat mereka bertambah yakin, namun tidak perlu berlebihan sampai bohong.

  • Tunjukkan Kemampuan Bekerja Dalam Tim

Biasanya kandidat juga dimintai jawaban tentang persoalan bagaimana jika harus bekerja sendiri atau dalam tim. Disini tekankan bila Anda merupakan pribadi yang bisa keduanya, namun lebih perjelas dalam kemampuan bekerja dalam tim. Dari sini penguji bisa menilai jika pelamar mudah beradaptasi.

Orang yang mudah beradaptasi tentunya akan mudah diterima juga di lingkungan pekerjaan. Jadi memang tidak ada masalah jika harus ditempatkan dalam satu tim bersama orang asing. Cukup jawab dengan tegas dan tidak berbelit-belit, hindari pernyataan blunder saat sedang menjelaskan.

  • Jangan Bongkar Aib Perusahaan Sebelumnya

Salah satu kesalahan paling kerap dilakukan oleh pelamar adalah membeberkan kekurangan dari perusahannya sebelumnya. Jika sudah begini Anda akan dapat poin minus karena diangga[ tidak profesional, bisa jadi akan melakukan hal yang sama pada perusahaan berikutnya.

Baca Juga : Syarat Kerja di Bank yang Harus Dipenuhi

Oleh karena itu sebelum berangkat untuk wawancara lebih baik persiapkan jawaban diplomatis namun masih terkesan realistis. Dengan begini perusahaan akan merasa bahwa Anda merupakan sosok yang bisa dipercaya, loyal dan berintegritas tinggi. Jadi jangan asal jawab tanpa dipikirkan dulu.

  • Jangan Terlalu Lama Diam Memikirkan Jawaban

Saat sedang interview atau wawancara pihak penguji atau HRD memang kerap memberikan pertanyaan menjebak bahkan sulit dimengerti oleh para kandidat. Sebenarnya mereka tidak memerlukan jawaban versi benarnya, hanya melihat bagaimana Anda bersikap ketika dalam kondisi kurang menguntungkan.

Pertama jangan diam terlalu lama karena memikirkan jawaban, lebih baik jawab dengan santai, diawali dengan maaf dan rangkaian kata merendah. Misalnya “mohon maaf apa boleh saya memikirkan jawabannya sambil kita teruskan ke pertanyaan lain terlebih dahulu”.

  • Berpenampilan Rapi dan Sopan

Karena bekerja di bidang pelayanan tentu saja tidak munafik jika penampilan akan menjadi fokus besar para penguji. Anda tidak perlu berpenampilan dengan menggunakan pakaian mahal atau polesan berlebihan. Cukup tunjukkan kerapian berbusana, bersih luwes dan tentunya tidak terlalu menor.

Jika memang belum bisa make up juga tidak masalah. Poles wajah sesuai dengan kemampuan saja atau minta bantuan teman yang sekiranya punya keahlian tersebut Ingat tidak perlu terlalu berlebihan, yang penting adalah nyaman dipandang dan tidak menimbulkan kesan risi dari para penguji.

  • Hindari Penjelasan yang Terlalu Panjang dan Berbelit-Belit

Saat interview atau sedang wawancara keinginan untuk menerangkan tentang kemampuan pribadi memang ada, namun sebaiknya ditahan terlebih dahulu. Apalagi penguji biasanya tidak menyukai jika kandidat menjelaskanya secara berbelit-belit, tidak ada poin bisa di dapatkan di dalamnya.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa belajar terlebih dahulu lewat bahan yang sudah ada di internet. Biasanya banyak sekali ulasan mengenai bahan interview, hal tersebut bisa jadi bantaun agar Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Memberikan jawaban sesuai [andangan masing-masing.

  • Tetap Tenang dan Selalu Berdiri Tegak

Memperhatikan sikap saat sedang berada dalam satu ruang dengan penguji juga sangat penting. Walaupun niat hati ingin membuat suasana jadi rileks namun jangan sampai membuat Anda lupa untuk bersikap hormat kepada para penguji. Misalnya hindari duduk dengan posisi yang kurang tepat.

Usahakan untuk duduk tegap, kedua tangan ada di meja namun setengahnya tidak menyentuh meja. Hal ini menandakan jika Anda sudah siap melakukan sesi wawancara atau interview dengan kesadaran penuh. Kemudian lakukan eye contact kepada para penguji. Jangan hindari pandangan tersebut.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa lolos dalam sesi wawancara kerja di Bank. Untuk bisa masuk sampai ke tahap ini bukanlah hal mudah, jadi lakukan sebaik mungkin agar nantinya tidak ada penyesalan yang datang.

You might like