Mengenal Berbagai Macam Tugas Teller Bank

9 Likes comments off
Tugas Teller Bank

Menjadi seorang Teller tentunya merupakan pekerjaan impian dari banyak orang. Melihat tunjangan dan tugas teller Bank yang seimbang semakin membuatnya jadi populer di kalangan para fresh graduated. Namun, semua itu memang bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, ada banyak tanggung jawab dan beberapa hal yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Berbagai Macam Tugas Teller Bank

Menjadi teller Bank tidak semudah kelihatannya. Harus cepat namun tepat, kasarnya Anda tidak bisa melakukan kesalahan karena semua kegiatannya bersinggungan dengan uang dan nominalnya tidaklah sedikit. Dibawah ini merupakan tugas dari seorang teller Bank selain melayani nasabah.

Tugas Teller Bank

  • Melakukan Pemeriksaan Terhadap Kas

Sebenarnya sama halnya dengan jenis pelayanan usaha lain di bidang keuangan. Masing-masing teller Bank setiap harinya juga akan diberikan kas untuk membantu mereka dalam transaksi harian. Nantinya ketika pulang akan harus dicocokkan kembali. Tentu jumlahnya harus sama atau balance.

Setiap teller memiliki tugas yang sama, jadi transaksi apapun yang sudah terjadi hari itu tidak akan mengurangi jumlah dari kas. Jika terjadi kekurangan maka bisa jadi ada kesalahan seperti kesalahan teller saat melakukan pelayanan, salah hitung sehingga harus diulang atau ada uang nyelip.

  • Menerima Cek atau Uang Tunai

Teller nantinya juga akan mendapatkan tugas untuk menerima cek atau dalam bentuk uang tunai untuk deposit tabungan dari nasabah tersebut. Namun tidak langsung diproses, melainkan harus ada penghitungan ulang untuk memverifikasi jumlahnya di depan kedua belah pihak langsung.

Setelah memastikan jumlahnya sudah benar maka tinggal dibuatkan saja slip setorannya. Nantinya slip ini juga akan disimpan oleh nasabah dan bisa dijadikan bukti jika sewaktu-waktu dalam kondisi tertentu. Jadi sebisa mungkin tidak boleh hilang dan dipastikan sudah benar baik waktu maupun jumlah tertulis.

Baca Juga : Syarat Menjadi Teller Bank

  • Mencatat Traksaksi Setiap Nasabah

Setiap hari teller harus selalu memasukkan rekapan transaksi dari setiap nasabahnya sesuang jenisnya. Kegiatan ini tidak boleh sampai dilewatkan karena bisa menyebabkan kas minus dan tidak balance. Setiap selesai jam operasional harus segera dikerjakan, tidak boleh malas dan menunda pekerjaan.

Transaksi setiap nasabah harus segera direkap ke dalam sistem komputer agar nantinya pihak office bisa menjadikannya pembukuan. Kebanyakan kasus kas tidak balance adalah disebabkan adanya rekapan dari nasabah yang belum dimasukkan. Jadi semisal ada kekurangan bisa dicek kembali.

  • Memproses Catatan Kredit

Selanjutnya teller juga diberikan wewenang untuk memproses catatan kredit dari masing-masing nasabah. Setiap pengeluaran menggunakan kartu kredit akan dicatat ke dalam sistem sehingga mudah ketika akan melakukan penagihan pada orangnya, menghindari juga terjadinya kesalahan penghitungan.

Selain itu teller juga harus memelihara catatan kredit dari masing-masing nasabah tersebut. Dengan adanya rekap sistem tersebut bisa diterbitkan rekening Koran untuk berbagai macam kebutuhan nasabah. Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan debit, bedanya hanya pada sistem pembayaran.

  • Siap Memberikan Solusi atas Permasalahan Nasabah

Tidak selamanya nasabah datang untuk menyetorkan uangnya saja, terkadang mereka juga membawa masalah dan harus diselesaikan saat itu juga. Dan ini tugas teller bank untuk menjelaskan duduk perkara, memberikan pengarahan detail atas masalah tersebut dan mencarikannya jalan keluar.

Dalam posisi tidak menguntungkan sekalipun teller tetap harus tenang dan memberikan pengarahan detail pada nasabah tersebut. Jika memang ada poin yang tidak dipahami maka bisa langsung ditanyakan saja ke atasan saat itu sedang bertugas. Jangan memaksakan jika memang belum tau.

  • Memberikan Verifikasi Tanggal Pinjaman

Jika ada nasabah yang meminjam uang atau berhutan dalam nominal berapapun maka teller harus memberikan verifikasi tanggal pinjaman. Dengan begitu bisa ditentukan tanggal untuk angsur cicilan dari nasabah tersebut. Ingat jangan sampai terjadi kesalahan karena bisa mempengaruhi sistem pusat.

Apalagi perkara hutang atau pinjaman uang merupakan salah satu transaksi yang menguntungkan bagi instansi Bank tersebut. Jika sampai terjadi kesalahan maka harus dilakukan verifikasi bahkan sampai ke sistem pusatnya. Jadi sebisa mungkin kroscek atau periksa ulang saat akan menyelesaikannya.

  • Melayani Semua Kebutuhan Nasabah

Teller merupakan garda terdepan untuk pelayanan Bank bukanlah kiasan kata-kata saja. Merekalah yang nantinya akan membantu para nasabah untuk melakukan segala macam bentuk transaksi dari pembuatan buku tabungan, kartu ATM atau permasalahan lain seperti pengajuan anggunan kredit.

Seorang teller harus selalu siap dengan segala macam keadaan, memberikan solusi terbaik bagi para nasabahnya, dan tentunya sabar dan tersenyum. Dengan begitu nasabahnya juga akan merasa dihargai, nyaman dan tidak sungkan menanyakan segala macam sesuatu yang kurang dipahami.

Sebenarnya masih banyak lagi tugas-tugas umum dari seorang teller Bank. Jika memang Anda tertarik untuk jadi salah satu kandidat, maka bisa langsung persiapkan diri sambil cari tahu informasi pembukaan lowongan pekerjaan instansi Bank di media sosial atau link website resminya.

Itulah beberapa tugas teller bank yang harus dikerjakan setiap hari. Mungkin cukup rumit bagi sebagian orang, akan tetapi akan dirasa gampang jika kita menyukai pekerjaan tersebut.

You might like