Apa Saja Syarat Menjadi Teller Bank itu?

7 Likes comments off
Syarat Menjadi Teller Bank

Syarat menjadi teller Bank tidaklah semudah kelihatannya. Untuk bisa lolos dan mengalahkan pendaftar lainnya Anda harus unggul dalam segi akademik, intelektual, kredibilitas, attitude maupun fisik. Jadi salah sekali jika ada orang mengatakan hanya perlu cantik agar bisa masuk kerja dalam profesi ini.

Berbagai Macam Syarat Menjadi Teller Bank

Bekerja dalam bidang pelayanan tidaklah mudah. Anda harus bisa selalu sabar namun tetap bijaksana agar tetap mampu menyelesaikan masalah tanpa harus menimbulkan masalah lagi. Jadi jika ingin jadi teller Bank jangan lupa lengkapi pesyaratan dibawah ini, tidak boleh sampai ada yang tertinggal.

Syarat Menjadi Teller Bank

  • Memenuhi Kriteria Tinggi Badan

Biasanya dalam sebuah instansi Bank tertentu akan ditentukan banyak syarat menjadi teller bank agar bisa bergabung di bank tersebut, salah satunya adalah tinggi badan. Sudah bukan hal asing lagi di dunia perbankan, namun tidak usah takut karena masih dalam batas normal untuk mayoritas masyarakat Indonesia.

Biasanya ketentuan atau syarat umum yang diberikan setiap Bank sama, yakni minimal 160cm untuk perempuan dan 165 cm bagi laki-laki. Jika kurang dari angka tersebut bisa dipastikan Anda akan langsung tereliminasi atau gugur. Jadi coba cek terlebih dahulu menggunakan meteran manual.

  • Berpenampilan Menarik

Karena teller merupakan salah  satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan untuk para nasabah, mereka dituntut untuk selalu rapih dan bersih. Dalam kondisi apapun penampilan adalah nomor satu, hal ini untuk membuat kesan enak dipandang dan membuat pelayanan berjalan dengan lancar.

Sebenarnya tidak melulu harus good looking. Asalkan punya tampilan wajah bersih segar dan pandai merawat diri saja sudah cukup. Tidak melulu harus putih dan cantik, karena prioritas utamanya adalah kenyamanan. Asalkan sesuai dengan prosedur dan tidak menyalahi aturan maka ada peluang masuk.

  • Belum Menikah

Syarat menjadi teller bank selanjutnya mungkin susah dipenuhi bagi beberapa orang, yakni menikah. Jika ingin masuk dalam sebuah instansi Bank maka harus siap menunda pernikahan selama kurun waktu yang sudah ditentukan. Hal ini untuk memastikan para pekerja fokus terhadap pekerjaannya diawal masa jabatan.

Apalagi tugas menjadi teller tidaklah mudah. Anda harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Apalagi saat awal masa menjabat pastinya harus bakti dulu ke instansi terkait, oleh karena itu harus siap menunda pernikahan selama kurun waktu tertentu agar tidak menyalahi aturan yang ada.

Baca Juga : Tips Mudah agar Lolos Wawancara Kerja di Bank

  • Mampu Berbahasa Inggris Ssecara Aktif

Menjadi teller bank tidak hanya memberikan pelayanan kepada nasabah reguler saja. Terkadang jika sudah waktunya Anda juga harus siap menghadapi nasabah prioritas dimana bisa saja mereka berasal dari luar Indonesia. Itulah mengapa setiap kandidat harus lolos tes TOEFL dengan skor memuaskan.

Bahasa Inggris aktif juga sangat diperlukan apabila baru ada WNA yang ingin buka rekening dan belum tau apa saja jenis pelayanan dari Bank Tersebut. Mau tidak mau tentu Anda harus menjelaskan dalam bahasa Inggris secara benar agar mereka bisa paham dan akhirnya mengambil keputusan.

  • Mampu Menguasai Kondisi di Lapangan

Menjadi seorang teller juga harus terlatih dalam hal kesabaran. Selain pintar akademik tentunya kredibilitas dalam menyelesaikan segala persoalan juga harus terlatih. Harus siap menghadapi berbagai macam sikap nasabah. Semuanya dilakukan agar pelayanan tetap berjalan lancar.

Walaupun nantinya akan diberikan simulasi namun kondisi praktek di lapangan tentu saja akan berbeda. Setiap nasabah yang datang pasti memiliki karakter dan sikap berbeda. Anda harus mampu menganalisa dan memberikan pelayanan tepat sesuai yang diinginkan. Dengan begitu mereka akan merasa nyaman.

  • Teliti dan Ramah dalam Melakukan Pekerjaannya

Baik buruknya Bank tersebut bisa dikatakan tergantung dari tellernya. Anda sendiri akan merasa senang bukan jika melakukan transaksi di Bank kemudan dilayani dengan sepenuh hati. Teller wajib hukumnya bersikap ramah dan menyenangkan bagi para nasabahnya tanpa pandang bulu.

Selain itu teller juga harus teliti dalam setiap pekerjaannya, karena pekerjaannya selalu menyangkut jumlah uang yang tidak sedikit mengharuskan teller untuk selalu benar dalam setiap transaksinya. Jangan sampai salah dan akhirnya merugikan diri sendiri, apalagi sampai menggant.

  • Melengkapi Persyaratan

Terakhir untuk bisa masuk ke tahapan selanjutnya tentu saja Anda harus bisa melengkapi segala macam permintaan dari instansi tersebut. Pemberkasan merupakan Gerbang awal yang harus mampu ditembus, jadi tidak boleh ada kesalahan.

Sebisa mungkin Anda harus bisa menggunakan kesempatan pemberkasan ini dengan baik. Agar bisa lolos jangan sampai ada satu hal terlewat, untuk tahapan tes selanjutnya tentu saja tergantung dengan kemampuan masing-masing.

Menjadi teller Bank tentu saja tidak semudah kelihatannya. Ada berbagai risiko harus ditanggung oleh mereka. Jadi jangan hanya melihat sisi gaji besar saja, jika tidak bisahati-hati uang tersebut justru akan hilang untuk ganti rugi.

Itulah beberap syarat menjadi teller bank yang bisa kamu ikuti, jadi lakukan sebaik mungkin agar nantinya tidak ada penyesalan yang datang.

1 photos of the "Apa Saja Syarat Menjadi Teller Bank itu?"

Syarat Menjadi Teller Bank

Related posts of "Apa Saja Syarat Menjadi Teller Bank itu?"

Tugas Teller Bank

Mengenal Berbagai Macam Tugas Teller Bank

Menjadi seorang Teller tentunya merupakan pekerjaan impian dari banyak orang. Melihat tunjangan dan tugas teller Bank yang seimbang semakin membuatnya jadi populer di kalangan para fresh graduated. Namun, semua itu memang bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, ada banyak tanggung jawab dan beberapa hal yang tidak boleh sampai terlewatkan. Berbagai Macam Tugas Teller Bank Menjadi teller...

Gaji Pegawai Bank BRI

Kisaran Gaji Pegawai Bank BRI Terbaru

Bekerja di Bank sekarang ini bisa dibilang jadi pekerjaan impian dari para fresh graduated. Salah satu faktornya tentu saja karena upah gaji minimum cukup menjanjikan. BRI merupakan salah satu tempat yang sering buka lowongan. Gaji pegawai Bank BRI juga cukup besar, belum termasuk tunjangan yang diberikan dalam waktu tertentu. Pendapatan Gaji Pegawai Bank BRI Berdasarkan...

Syarat Menjadi Pegawai Bank

10 Syarat Menjadi Pegawai Bank Yang Perlu Diketahui

Syarat Menjadi Pegawai Bank - Memasuki dunia kerja merupakan dambaan semua orang, terutama yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi. Bagi mereka, bekerja menjadi tujuan utama setelah mendapat predikat sarjana. Banyak sekali bidang kerja yang menjanjikan perubahan kehidupan, salah satunya yaitu perbankan. Hal ini dikarenakan perbankan mampu menawarkan gaji dan jenjang karir yang menjanjikan. Lulusan dari berbagai...

Apa Saja Syarat Fisik Menjadi Pegawai Bank

Apa Saja Syarat Fisik Menjadi Pegawai Bank ?

Syarat Fisik Menjadi Pegawai Bank - Melayani dengan senyuman dan keramahan adalah salah satu syarat untuk mengawali suatu pekerjaan apalagi pekerjaannya itu adalah di sebuah bank. Bila dalam pelayanan itu sangat menarik, maka bisa dibilang pelayanan itu berhasil melayani para nasabahnya. Para pelanggan yang berhadapan secara langsung akan tertarik pada bank tersebut. Menyapa terlebih dahulu...

You might like

About the Author: Ayokerja