7 Syarat Kerja di Bank yang Harus Dipenuhi

9 Likes comments off
Syarat Kerja di Bank

Sekarang ini bekerja menjadi karyawan bank merupakan mimpi kebanyakan anak milenial. Dengan semua fasilitas yang diberikan nyatanya mampu menunjang kehidupan jadi lebih baik. Namun dibalik kelebihan tersebut tentunya ada syarat kerja di Bank yang cukup ketat. Tidak heran jikalau ada banyak orang yang tidak masuk kriteria tersebut.

Berbagai Macam Syarat Kerja di Bank

Menjadi karyawan Bank memang bisa memberikan banyak kemudahan untuk menunjang para pekerjanya, namun ada beberapa persyaratan harus Anda penuhi agar bisa masuk dan lolos sebagai kandidat terpilihnya. Namun setiap Bank pasti punya ketentuan berbeda, jadi ini aspek umumnya.

Syarat Kerja Di Bank

  • Warga Negara Indonesia Asli

Syarat umum yang harus Anda penuhi ketika akan mendaftar jadi salah satu pegawai Bank adalah harus warga negara Indonesia asli. Dengan begini warga negara asing secara otomatis tidak mendapatkan kesempatan. Hal ini dikarenakan menyesuaikan sikap pada segala macam karakter masyarakat sekitar.

Jika yang dipilih masyarakat asing biasanya belum bisa menyesuaikan dengan sikap dan kebiasaan sehari-hari dari para orang lokal. Selain itu bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak, mengurangi pengangguran. Itulah mengapa Bank lebih mengutamakan masyarakat dalam terlebih dahulu.

  • Punya Ijazah S1 Dengan Jumlah IPK Tertentu

Selanjutnya  setiap pendaftar harus sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan S1, namun ada beberapa bank juga yang memperbolehkan  pelamarnya  yang masih kuliah untuk mendaftar. Jadi dengan ijazah SMA sederajat saja bisa, dengan catatan sedang menempuh pendidikan lanjutan.

Selain itu untuk jabatan tertentu harus menggunakan ijazah minimal S1 dengan jumlah IPK tertentu. Setiap tahun ketentuannya memang berbeda-beda, lebih baik persiapkan dari jauh-jauh hari. Seperti follow akun media sosial mereka agar selalu tau updatean informasi terkininya.

  • Rentan Usia Tertentu

Selain itu setiap pendaftar juga harus masih dalam rentan usia tertentu, ada batas tertentu untuk strata pendidikan S1 dan S2. Biasanya memang berbeda-beda namun umumnya yakni 26 thn untuk S1 dan 28 tahun bagi S2, lebih dari batas tersebut Anda harus merelakan kesempatan yang ada.

Peraturan ini sudah diberlakukan sejak 2020 lalu di semua perusahaan Bank seluruh Indonesia. Jadi untuk persyaratan ini bisa disamaratakan. Dengan kata lain, Anda yang masih dibawah ketentuan usia tersebut jangan ragu untuk mencoba sebelum terlambat dan akhirnya menyesal.

Baca Juga : Syarat Menjadi Pegawai Bank Yang Perlu Diketahui

  • Aktif di Organisasi Kampus

Biasanya pelamar juga akan mendapatkan poin plus apabila punya pengalaman dalam organisasi yang cukup mumpuni. Mereka menganggap Anda bisa mudah adaptasi dan berbaur dengan lingkungan baru. Selain itu pelamar dinilai memiliki kepribadian terbuka sehingga gampang paham jika diajari.

Namun bukan berarti Anda yang tidak punya pengalaman organisasi tidak punya kesempatan untuk masuk. Ada banyak tahapan lain dipersiapkan dan harus dilewati oleh para pelamar. Maka, tunjukkan kemampuan terbaik agar penguji merasa yakin dan akhirnya menerima.

  • Lolos Seleksi Administrasi

Agar bisa mendapatkan izin melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya Anda harus lolos seleksi administrasi terlebih dahulu. Di dalamnya ada berbagai persyaratan pemberkasan yang harus dilengkapi dan tidak boleh kurang sedikitpun. Jadi sebagai peserta juga harus waspada dan teliti.

Tahapannya juga tidak jauh berbeda dengan tes seleksi administrasi pada perusahaan lain. Anda akan diminta untuk mengumpulkan berbagai kelengkapan seperti data CV, pas foto atau identitas lainnya, ditambah ijazah dan transkrip nilai. Jangan lupa tanyakan apakah melalui online atau offline untuk melengkapi syarat kerja di bank yang satu ini.

  • Lolos Tes Kompetensi dan TOEFL

Selanjutnya Anda juga harus lolos dari tes kompetensi atau TOEFL. Tahapan ini pastinya mengingatkan Anda saat masa-masa sekolah dulu. Jika Anda sudah terbiasa mengikuti dan berlatih maka tidak akan merasa kesulitan ketika dihadapkan pada berbagai soal dalam tes tersebut.

Nantinya perolehan skore akan mempengaruhi penilaian, jadi upayakan untuk mengarahka kemampuan terbaik agar nantinya Anda tidak menyesal. Jika sudah berniat ingin daftar jadi pegawai bank maka bisa mulai belajar untuk menguasai bahan tes kompetensi dan TOEFL semaksimal mungkin.

  • Tahap Psikotes dan Attidude

Terakhir Anda juga harus memastikan jika lolos melalui tes psikotes. Dari sini penguji akan mengetahui sikap, kepribadian, serta keahlian dari masing-masing pesertanya. Semua bahannya bisa Anda pelajari, mungkin tahap ini menjadi syarat kerja di bank yang lumayan sulit, jadi sebelum masuk ke hari H bisa kumpulkan semua bahan untuk menambah kredibilitas.

Namun nyatanya ada beberapa bank juga yang kurang puas dengan hasil dari psikotes, sehingga mereka akan menambahkan tes attitude untuk menggambarkan kepribadian detail dari masing-masing pelamar tersebut. Disini Anda akan menghadapi situasi keja dalam bentuk simualasi bisa juga berbeda.

Beberapa bank swasta ataupun negri juga sering mengadakan simulasi untuk melihat kecocokan dari masing-masing pelamar kerja. Dengan begitu mereka bisa menguji bagaimana ketepatan dalam menghadapi masalah kemudian juga mencari solusinya, jadi tidak kaget ketika sudah terjun ke lapangan.

Demikian beberapa syarat kerja di bank yang harus kamu penuhi terlebih dahulu jika kamu ingin bekerja di bank yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

You might like