Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang digunakan untuk mengajukan permohonan pekerjaan kepada perusahaan atau organisasi.

Surat ini berfungsi sebagai pengantar yang memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. Menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah langkah awal yang sangat krusial dalam mencari pekerjaan.

Pengertian dan Struktur Surat Lamaran Kerja

Sebelum masuk ke contoh surat lamaran kerja, penting untuk memahami pengertian dan struktur dasar dari surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan format yang rapi dan menggunakan bahasa yang formal.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen resmi yang digunakan untuk mengajukan permohonan kerja di suatu perusahaan.

Surat ini biasanya disertai dengan CV atau resume dan dokumen pendukung lainnya.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memiliki struktur yang jelas. Berikut adalah struktur umum dari surat lamaran kerja:

  1. Pembuka: Bagian ini mencakup informasi kontak pelamar dan penerima surat, tanggal penulisan surat, serta salam pembuka.
  2. Isi: Bagian inti dari surat lamaran kerja yang menjelaskan tujuan pengiriman surat, informasi mengenai diri pelamar, pengalaman kerja, keahlian yang dimiliki, dan alasan mengapa tertarik pada posisi yang dilamar.
  3. Penutup: Bagian penutup berisi harapan pelamar untuk mendapatkan kesempatan wawancara, ucapan terima kasih, dan salam penutup.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar membutuhkan perhatian terhadap detail dan penggunaan bahasa yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif:

1. Gunakan Format yang Tepat

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan format yang rapi dan terstruktur. Gunakan jenis huruf yang profesional seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12. Pastikan juga menggunakan margin yang sesuai dan spasi antar paragraf yang cukup.

2. Cantumkan Informasi Kontak dengan Jelas

Di bagian atas surat, cantumkan informasi kontak Anda seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Di bawahnya, tuliskan juga informasi kontak perusahaan yang dituju, termasuk nama penerima surat jika diketahui.

3. Tulis Salam Pembuka dengan Sopan

Salam pembuka yang sopan dan formal sangat penting dalam surat lamaran kerja. Jika mengetahui nama penerima surat, gunakan nama tersebut. Contoh: “Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima]”.

4. Jelaskan Tujuan Surat dengan Jelas

Di paragraf pertama, sampaikan tujuan Anda menulis surat lamaran kerja tersebut. Sebutkan posisi yang Anda lamar dan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.

5. Perkenalkan Diri dan Jelaskan Kualifikasi

Paragraf kedua dan ketiga sebaiknya digunakan untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan kualifikasi Anda.

Sebutkan pendidikan terakhir, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Berikan contoh konkret yang menunjukkan kemampuan Anda.

6. Sampaikan Alasan Melamar di Perusahaan Tersebut

Paragraf berikutnya harus berisi alasan mengapa Anda tertarik melamar di perusahaan tersebut.

Jelaskan apa yang membuat perusahaan tersebut menarik bagi Anda dan bagaimana Anda bisa berkontribusi di sana.

7. Tulis Penutup yang Mengundang

Di bagian penutup, sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Akhiri dengan salam penutup yang sopan.

8. Periksa Kembali Surat Anda

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan untuk memeriksa kembali surat Anda. Periksa kesalahan ejaan, tata bahasa, dan format. Pastikan semua informasi yang tercantum sudah benar dan lengkap.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi:

[Nama Lengkap]
[Alamat Lengkap]
[Nomor Telepon]
[Email]

[Tempat, Tanggal]

Yth. [Nama Penerima]
[Posisi Penerima]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di [sumber informasi], saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]
Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir]
Pendidikan Terakhir: [Pendidikan Terakhir]
Alamat: [Alamat Lengkap]

Bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja di posisi [posisi yang dilamar]. Saya memiliki pengalaman kerja di bidang [bidang yang relevan] selama [jumlah tahun] tahun dan telah terbukti mampu mengemban tanggung jawab sebagai [posisi terakhir].

Saya memiliki keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan], yang saya yakin akan sangat bermanfaat bagi [Nama Perusahaan]. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan [keterampilan lainnya] yang bisa menunjang kinerja di posisi tersebut.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] karena [alasan Anda tertarik pada perusahaan tersebut]. Saya percaya bahwa perusahaan ini merupakan tempat yang tepat bagi saya untuk mengembangkan karir dan memberikan kontribusi terbaik.

Bersama dengan surat ini, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Pas Foto Terbaru

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan untuk wawancara agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang potensi dan kemampuan saya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

[Nama Lengkap]

Gaji PT Silicone Rubbers Solution, Cara Melamar, Syarat, Alamat dan Kontak

Kesimpulan

Menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah langkah penting dalam proses mencari pekerjaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang menarik dan profesional, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Selalu periksa kembali surat Anda sebelum mengirimkannya untuk memastikan tidak ada kesalahan. Semoga tips dan contoh surat lamaran kerja ini bermanfaat dan membantu Anda dalam meraih karir impian.