7 Cara Melamar Kerja di Bank agar Terlihat Profesional

10 Likes comments off
Cara Melamar Kerja di Bank

Saat ini menjadi pegawai bank, baik itu bagian teller, customer service, office, atau lainnya memang sangat menarik hati. Cara melamar kerja di Bank tentunya berbeda-beda, sesuai dengan syarat dari masing-masing perusahaan, semakin susah maka fasilitas yang diberikan juga akan tambah bagus. Namun terkadang beberapa instansi memang mengutamakan pengalaman kerja.

Beberapa Cara Melamar Kerja di Bank

Cara melamar kerja di Bank sebenarnya gampang-gampang susah. Anda harus pintar mengambil hati penguji dan tentunya unggul dalam akademik juga. Ketentuan yang diberikan biasanya berbeda-beda setiap tahunnya. Jadi harus selalu update agar tidak ketinggalan informasi dan tersingkir di awal.

Cara Melamar Kerja Di Bank

  •  Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Biasanya beberapa orang pasti merasa malas dan akhirnya hanya mengandalkan informasi dari orang-orang sekitarnya saja. Padahal itu belum tentu valid dan benar, bisa saja sudah kadaluwarsa da nada poin-poin kurang tepat. Anda bisa coba cari di porta; penyedia lowongan kerja atau situs resminya.

Dengan adanya bantuan dari informasi ini tentunya Anda bisa mengetahui detail persyaratan lebih valid. Biasanya mereka akan mencantumkan update an informasinya di situs resmi seperti website, media sosial seperti instagram. Jadi jangan malas-malas untuk terus cari tahu.

  • Periode Pendaftaran

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan perihal periode atau jangka pendaftrannya. Biasanya ada beberapa bank yang masih menerima berkas lamaran kerja walaupun sedang tidak buka loker. Anda bisa menitipkan lewat satpam atau langsung kirim melalui alamat email yang sudah tertera.

Jika berkas memenuhi kualifikasi maka bisa jadi Anda akan menerima panggilan dari Bank jika ada posisi kosong dan sesuai dengan kemampuan pelamarnya. Tidak selamanya orang dalam membantu, asal ada keberanian maka akan selalu ada jalan juga, jadi jangan khawatir selagi punya kemampuan.

  • Perhatikan Batas Pengiriman

Banyak juga pelamar yang masih sering lupa dan kurang teliti dalam membca informasi. Biasanya pendaftaran bank dilakukan tidak sampai melebihi satu atau dua bulan. Waktu penutupannya juga sangat jelas, ada informasi detail bahkan terkait dengan jam pada hari tersebut.

Jadi sebagai pelamar Anda juga harus peka terhadap hal tersebut. Jangan sampai melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Saat ada informasi mengenai jadwal pembukaan tes langsung persiapkan dan masukkan berkas tersebut, jangan lupa untuk menelitinya lagi untuk memastikan sekali lagi.

Baca Juga : Tips Mudah agar Lolos Wawancara Kerja di Bank

  • Kawal Prosesnya

Proses seleksi biasanya memakan waktu lama, biasanya juga aka nada informasi tambahan mengenai pendaftaran. Jadi jangan lupa untuk follow akun resmi mereka agar tidak ketinggalan informasi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tempat yang baik dan tidak terburu-buru dalam hal persiapan.

Mengawal proses agar bisa masuk dan lolos dalam setiap seleksinya bukanlah hal mudah. Anda harus selalu siap dan belajar segala materinya dengan baik. Oleh karena itu jangan pernah berhenti cari sumber jika sadar bahwa Anda sendiri tidak punya orang dalam, sabar dan tekun merupakan kuncinya.

  • Isi Data Dengan Benar

Selanjutnya Anda wajib mengisikan data dengan benar. Sediakan waktu yang benar-benar tidak bisa diganggu selama kurang lebih 30 sampai 45 menit. Alhasil, pengisian data akan fokus karena tidak dibarengi dengan aktivitas lainnya, bisa meminimalisir kesalahan dan kekeliruan.

Sebelu mengisi data cobalah untuk membaca dengan benar dan jelas perihal ketentuannya. Biasanya ada poin-poin tertentu yang menjelaskan bagaimana ketentuan dalam pengisiannya. Apa saja yang wajib dan tidak. Agar tidak mengurangi poin cobalah dengan benar dan teliti, jangan buru-buru.

  • Login Ke Alamat Situs

Jika sudah siap semua berkas yang dibutuhkan mka Anda tinggal masuk ke alamat situs web. Biasanya disini menggunakan email aktif. Jadi jika belum punya harus buat terlebih dahulu dengan menggunakan kesesuaian data sama, misalnya nomor telepon. Jangan lupa untuk ingat sandi atau paswordnya.

Biasanya akan langsung disuguhkan lembar khusus yang harus Anda isi kelengkapan datanya. Segera isi dengan benar sesuai permintaan kemudian pastikan sudah benar. Setelah itu langsung submit jika memang sudah yakin. Jangan lupa pastikan semua soft file dalam versi HD atau jelas.

  • Masukkan Berkas dan Tuliskan Posisinya

Biasanya dalam membuka lowongan pekerjaan akan langsung ada beberapa posisi yang dibutuhkan. Jadi untuk memperjelas jangan lupa untuk menuliskan kembali sesuai jabatan di dalam bagian subject atau deskripsi lamaran pekerjaan.

Dengan begitu penguji akan merasa jelas tanpa harus menanyakan kembali. Mereka bisa melakukan penilaian sesuai dengan data yang sudah Anda kirimkan. Jika memang berkompeten maka akan dipanggil untuk melakukan sesi wawancara.

Setelah pemberkasan dan interview biasanya masih banyak juga tes lain yang harus Anda jalani. Misalnya psikotes, attitude dan semacamnya. Jadi jika sudah ada niat untuk masuk ke dalamnya lebih baik persiapkan mulai dari sekarang.

Itulah beberapa Cara Melamar Kerja di Bank yang bisa kalian ikuti, lakukanlah yang terbaik agak kamu bisa keterima kerja di bank yang kamu impikan

You might like