Berapa Kisaran Gaji Karyawan Alfamart

6 Likes comments off
Gaji Karyawan Alfamart

Menjadi karyawan di bisnis pelayanan retail memang susah-susah gampang. Perlu banyak menguasai hal dan terus melatih kesabaran. Jadwal sehari-hari mereka yang padat membuat gaji karyawan Alfamart juga besar, bahkan bisa lebih tinggi dari UMR daerah tersebut bila berhasil dapat bonus.

Pendapatan Gaji Karyawan Alfamart Sesuai Bidangnya

Alfamart sekarang sudah menjadi salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. Cabangnya sudah tersebar di berbagai daerah. Bahkan tempat ini juga menjadi penyerap tenaga kerja besar setiap tahunnya. Dari bagian office sampai kasir punya rate upah minimum berbeda-beda.

Gaji Karyawan Alfamart

  • Posisi Kasir

Posisi pertama yang pastinya bisa dimasuki oleh lulusan SMA adalah kasir. Bagian ini memang jadi sentralnya atau kekuatan tombak dari Alfamart. Apalagi di tengah persaingan retail semakin tinggi seorang kasir dituntut harus serba bisa dan multitasking, tidak boleh lemah dan mudah mengeluh.

Dengan banyaknya tuntutan tadi seorang kasir bisa mendapatkan upah minimum sebesar Rp 1.900.000 setiap satu bulannya. Namun jumlah pendapatan gaji tiap daerah berbeda-beda, jika tinggal di kota besar kemungkinan akan dapat nominal lebih besar, bahkan bisa sampai Rp 3.000,000.

  • Posisi Crew

Biasanya setiap orang akan dibekali dengan kemapuan dasar kasir, namun ada beberapa juga yang setiap incharge atau masuk akan fokus menata barang dan jadi crew. Mereka ini adalah para lelaki yang tentu saja fisiknya lebih kuat daripada perempuan, jadi bisa diandalkan untuk angkat-angkat.

Selain itu para cowok sebagai crew ini biasanya juga akan berbagi tugas untuk melakukan bebersih di rak-rak yang terpajang sambil inventori barang agar semuanya tetap balance dengan sistem. Dengan begitu kebersihan toko serta managemen semua produk tetap terjaga dengan baik.

  • Posisi Asisten Kepala Toko

Setiap kepala toko di semua cabang pastinya punya asisten kepala toko. Setiap harinya mereka akan berbagi tugas untuk mengerjakan segala macam hal, mulai dari inventori harian, kemudian juga print label harga baru atau promo, laporan keuangan per shift dan masih banyak lagi.

Dala satu bulannya saja Alfamart memberikan upah minimum sebesar Rp 2.100.000 untuk asisten kepala toko. Gaji tersebut tentunya tidak sama, masing-masing daerah biasanya menerapkan kisaran berbeda, apalagi kota-kota besar bisa sampai dua kali lipat juga sesuai dengan UMR.

  • Bagian Helper

Bagian satu ini biasanya juga sangat dibutuhkan untuk toko-toko ramai terletak di jalan besar atau pas pemberhentian rest area. Tugas helper hampir sama juga dengan crew jadi perbedaannya hanya pada gaji saja. Untuk satu bulan seorang helper bisa mendapatkan upah minimum sebesar Rp 1.900.000

Jumlah upah tersebut tentunya belum ditambah dengan bonus dan berbagai macam reward jika helper tersebut mampu memberikan performa terbaik saat bekerja. Apalagi di dunia retail penghargaan tidak hanya difokuskan untuk kantoran saja, semua karyawan toko akan diperlakukan sama baiknya.

  • Bagian Kepala Toko

Selain asisten ada juga kepala toko yang bertanggung jawab langsung ke atasan seperti area coordinator. Perihal performa baik buruknya tempat usaha tersebut semua dilimpahkan kepada kepala toko, jadi harus kuat mentalnya agar tidak mudah merasa terintimadi atas semua tekanan tersebut.

Untuk satu bulannya saja kepala toko akan mendapatkan upah sebesar Rp 2.300.000. Jumlah bisa berbeda di tiap daerah, terutama kota-kota besar. Dibalik nominalnya kepala toko harus bisa mengemban amanat besar dan harus siap sedia bahkan ketika sedang liburan sekalipun.

  • Bagian Payroll Admin

Selanjutnya ada juga bagian payroll admin yang bekerja di kantor pusat Alfamartl. Biasanya setiap bulan mereka akan dapat jatah upah minimum sekitar Rp 2.500.000. Belum termasuk bonus lemburan, insentif, dan semacamnya. Jumlah ini tentunya sebanding dengan tekanan yang ia dapatkan.

Menjadi seorang payroll admin bukanlah hal mudah. Anda tidak boleh melakukan kesalahan ketika akan rekap data banyak orang dari masing-masing cabang. Apalagi sampai salah transfer bisa fatal akibatnya. Untuk bisa jadi karyawan bagian payroll admin harus pintar olah data, menguasai excel dan hitungan.

  • Recruitmen Coordinator

Terakhir adalah posisi perekrutan. Setiap tahunnya perusahaan retail besar seperti Alfamart pastinya akan selalu membuka lowongan pekerjaan, sehingga divisi ini harus selalu mempersiapkan segala keperluan terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia.

Melalui proses seleksi yang ketat inilah akan diperoleh sumber daya manusia unggul dan akhirnya membuat perusahaan semakin maju dan berkembang. Inilah alasan mengapa perusahaan tidak asal-asalan dalam mengurus proses seleksi.

Sampai saat ini perusahaan Alfamart tetap menjadi salah satu kepercayaan masyarakat dalam membeli kebutuhan baik barang primer maupun sekunder. Harga murah dan pelayanan ramah dari karyawan toko sera menjadi magnet kuat untuk menarik customer baru dan mempertahankan yang lama.

You might like